Mekah Al Mukarramah

Mekah (bahasa Arab: مكة, secara penuhمكة المكرمة ) adalah sebuah kota di Arab Saudi sekaligus kota utama, terpenting, dan tersuci umat Islam. Pada masa terakhir, kota ini telah mewujud menjadi sebuah kota modern. Populasi penduduknya pada 2008 berjumlah 1,7 juta jiwa. Kota ini terletak 73 km (45 mil) dari Jeddah, di sebuah lembah sempit, pada ketinggian 277 m (909 kaki) di atas permukaan laut. Setiap tahun, lebih dari 13 juta umat Islam mengunjungi Mekah melakukan ibadah haji.

Ribuan tahun lalu, Mekah hanyalah sebuah lembah kering dan sempit di antara deretan gunung-gunung batu. Namun demikian, lembah ini ramai dikunjungi karena menjadi tempat persinggahan kafilah yang datang dan pergi dari dan ke Yaman di daerah selatan dan Palestina di sebelah utara. Karena keberkahan yang dijanjikan Allah atas Mekah, kota ini kemudian mewujud menjadi kota modern yang sangat aman seperti yang terlihat sekarang.

Selain keberkahan yang dikaruniakan Allah Swt. atas kota ini, Mekah juga dinilai sebagai kota yang istimewa. Dalam Al Quran dan hadits Rasulullah saw., kota ini merupakan kota yang sering disebut. Sebagai contoh, Allah Swt. berfirman dalam Al Quran berikut ini.

“Dan Dia-lah yang menahan tangan mereka dari (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Mekah sesudah Allah memenangkan kamu atas mereka, dan adalah Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Fath, 48: 24)

Menurut Abd. Adzim Irsyad, sesuatu yang disebut berulang-ulang menandakan bahwa hal tersebut memiliki nilai tinggi, mulia, dan keistimewaan yang tidak dimiliki tempat lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: