Kesempurnaan Islam

Sebagai sistem yang diciptakan dan diturunkan Allah Swt. Yang Mahaluas lagi Mahasempurna, Islam memiliki kesempurnaan yang tidak dimiliki oleh sistem-sistem buatan manusia mana pun. Kesempurnaan Islam dapat dilihat dari cakupannya terhadap ruang, waktu, dan muatan sistemnya.[i]

 CAKUPAN WAKTU KESEMPURNAAN ISLAM

Sebagai sistem, Islam diberlakukan Allah sejak awal penciptaan hingga akhir zaman. Tujuannya untuk mengatur kehidupan makhluk-makhluk-Nya agar selaras; harmonis; dan penuh kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan. Oleh karena itu, Islam menjadi inti ajaran setiap nabi dan rasul Allah pada setiap zaman. Ajaran mereka hanya satu, yaitu membebaskan manusia dari penyembahan terhadap makhluk kepada penghambaan kepada Allah. Kesempurnaan ini jelas kita dapatkan pada ajaran yang dibawa nabi terakhir, Muhammad saw. Ajaran terakhir itu menyempurnakan ajaran nabi-nabi sebelumnya. Dengan berakhirnya pensyariatan pada nabi terakhir, risalah ini mencapai kesempurnaannya. Oleh karena itu, tidak ada lagi syariat dan nabi setelah syariat Allah mencapai kesempurnaan.

CAKUPAN RUANG KESEMPURNAAN ISLAM

Islam diturunkan Allah Swt. tidak terbatas untuk bangsa Arab saja. Islam berlaku sebagai rahmat untuk seluruh alam. Islam berlaku untuk seluruh bangsa di dunia, tanpa membeda-bedakan warna kulit, ras, maupun keturunan. Tidak ada kelebihan satu orang atas orang yang lain, satu suku atas suku yang lain, satu bangsa atas satu bangsa yang lain. Yang membedakan di antara mereka adalah ketakwaan masing-masing kepada Allah Swt. Setiap orang, dari mana pun asalnya dan dalam kondisi apa pun, berhak mendapat kemuliaan selama ia bertakwa kepada Allah.

 CAKUPAN SISTEM KESEMPURNAAN ISLAM

Islam adalah sistem yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia. Islam seperti halnya bangunan utuh, terdiri atas fondasi, badan bangunan, dan seluruh pendukungnya. Fondasinya adalah akidah. Bagian ini mencakup hal-hal yang berkaitan dengan keimanan. Bangunan utamanya terdiri atas aspek-aspek moral, perilaku kepada sesama, dan sikap terhadap Allah Swt. yang mewujud dalam aktivitas ibadah. Sementara itu, pendukung-pendukungnya adalah berjuang di jalan Allah dan dakwah. Cakupan atas seluruh aspek kehidupan itulah yang menempatkan Islam sebagai satu-satunya sistem dan pedoman hidup yang sempurna. Kesempurnaan ini yang menjadikannya unggul dibanding sistem mana pun.


[i]      Op. Cit, hlm. 137.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: